Langsung ke konten utama

Bukan Cuma Fisik, Ini 6 Alasan Kamu Tetap Dibully

Ilustrasi orang dibully
Pada kebanyakan kasus, salah satu penyebab orang di bully adalah karena mempunyai masalah pada fisiknya, misalnya terlalu gemuk, terlalu kurus, autis, dan lain sebagainya.

Bullying adalah salah satu tindakan paling kejam yang dilakukan oleh seseorang atau sekompok orang terhadap orang lain dengan cara mengejeknya, merendahkannya, mengucilkannya, dan lain sebagainya.

Walaupun begitu, bukan berarti orang yang fisiknya baik-baik saja akan langsung terhindar dari perlakuan bullying. Setidaknya ada 6 alasan orang yang fisiknya baik-baik saja tetap dibully, berikut ulasannya

1. Masalah Ekonomi

Ada pepatah yang mengatakan bahwa:

Jika kita berteman dengan tukang minyak tanah, maka kita akan bau minyak tanah. Tapi kalau kita berteman dengan tukang minyak wangi, maka bau kita juga akan wangi.

Artinya:

Jika kita berteman dengan orang baik, maka kita akan menjadi orang baik. Sebaliknya, jika kita berteman dengan orang yang tidak baik, maka kita juga akan menjadi orang yang tidak baik.

Namun, banyak yang salah mengartikan pepatah tersebut, dimana mereka mengartikannya bahwa jika kita berteman dengan orang yang tidak mampu, maka kita akan menjadi orang yang tidak mampu juga, dan sebaliknya.

Inilah salah satu alasan kenapa masalah ekonomi seseorang bisa dijadikan bahan bully. Jika kamu berasal dari keluarga yang tidak mampu, maka kamu akan dibully karena hal tersebut.

Walaupun begitu, bukan berarti kalau kamu berasal dari keluarga mampu bisa terbebas dari perlakuan bullying. Karena bisa saja ada orang lain yang iri denganmu, kemudian membully-mu.

2. Kelemahanmu

Tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini, jadi sangat wajar jika setiap manusia mempunyai kelemahan masing-masing. Contohnya, kamu disuruh lompat dari ketinggian, tapi kamu tidak berani melakukannya, dan kamupun akan dibully dengan sebutan " penakut " dan sebagainya.

3. Kelebihanmu

Selain kelemahan, kelebihan pun bisa menjadi bahan bully. Misalnya kelebihan dari segi fisik seperti cantik, langsing, berkulit putih, ganteng, atletis, bersih, dan lain sebagainya.

Dalam hal ini kamu harus memahami bahwa tidak semua orang bisa menerima kelebihanmu tersebut, pasti ada beberapa orang yang iri melihat kelebihanmu tersebut, kemudian mereka akan membully-mu.

4. Prestasi

Kurang lebih sama dengan kelebihan fisik, sebuah keahlian yang dimiliki juga bisa dijadikan bahan bully bagi mereka yang iri dengan keahlianmu tersebut, apalagi jika kamu berprestasi.

5. Sifat

Seperti yang sudah saya singgung sebelumnya bahwa tidak ada manusia yang sempurna, termasuk juga kamu. Mungkin ada beberapa sifatmu yang bisa dijadikan bahan bully seperti manja, jutek, dan lainnya.

Dalam hal ini perlu dipahami tidak semua orang bisa menerima sifatmu tersebut, adapun yang bisa menerimanya akan memilih " cuek ", sedangkan yang tidak bisa menerima akan memilih sikap " perhatian " alias " bullying ".

6. Gengsi

Mungkin kamu binggung kenapa kamu sering dibully, padahal kamu tidak banyak memiliki kekurangan atau kelebihan yang bisa membuat orang lain disekitarmu iri kepadamu.

Bisa jadi mereka yang membully-mu tersebut gengsi, padahal ingin selalu dekat denganmu. Atau mungkin ingin dekat tapi tidak tahu caranya, sehingga mereka ingin mendapatkan perhatian dengan cara membully-mu.

Nah, itulah beberapa alasan yang membuatmu tetap dibully, padahal fisikmu baik-baik saja. Semoga bermamfaat.

SUMBER

Komentar